Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan disini diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Rancangan kegiatan merupakan kegiatan-kegiatan besar yang membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan keseharian siswa. Guru sebaiknya membaca seluruh pembelajaran terlebih dahulu serta Perhatikan kebutuhan alat dan bahan dimana kegiatan pada minggu ke-4 dari Subtema 4 ini adalah Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi.
Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) adalah sebuah model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran. Dalam kegiatan ini, siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, dan sintesis informasi untuk memperoleh berbagai hasil belajar (pengetahuan, keterampilan, dan sikap).
Sedangkan literasi adalah kemampuan individu di dalam mengolah serta memahami informasi pada saat menulis ataupun membaca. Istilah literasi dalam bahasa latin disebut sebagai Literatus yang artinya adalah orang yang belajar, namun National Institut for Literacy sendiri menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.
Pada tema 8 subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 1, siswa diarahkan untuk melakukan wawancara kepada warga sekolah: kepala sekolah, guru, siswa, dan penjaga sekolah. Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai informasi-informasi berikut.
Hasil wawancara dicatat dalam tabel berikut.
Nama : _____________________
Kegiatan ekonomi dalam keluarga:
Dari data yang didapat, siswa menganalisis data tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
Mempertanyakan dan Menganalisis
Dari tabel hasil wawancara, siswa mengidentifikasi kegiatan yang terbanyak menggunakan air. Siswa dapat menuliskan dalam tabel berikut atau menyajikannya dalam bentuk diagram.
Diagram :
Dari analisis kegiatan ini, siswa memperoleh gagasan tentang apa yang perlu dikaji lebih jauh. Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswa menindaklanjuti dengan mengumpulkan informasi yang relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan hal tersebut dengan berbagai macam cara, antara lain.
1. Membaca buku-buku referensi dari perpustakaan.
2. Berdiskusi.
3. Bertanya kepada guru.
Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) adalah sebuah model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran. Dalam kegiatan ini, siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, dan sintesis informasi untuk memperoleh berbagai hasil belajar (pengetahuan, keterampilan, dan sikap).
Sedangkan literasi adalah kemampuan individu di dalam mengolah serta memahami informasi pada saat menulis ataupun membaca. Istilah literasi dalam bahasa latin disebut sebagai Literatus yang artinya adalah orang yang belajar, namun National Institut for Literacy sendiri menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.
Pada tema 8 subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 1, siswa diarahkan untuk melakukan wawancara kepada warga sekolah: kepala sekolah, guru, siswa, dan penjaga sekolah. Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai informasi-informasi berikut.
- Kegiatan ekononomi dalam keluarga (misalnya: dalam perdagangan, pertanian, industri, peternakan, atau jasa).
- Kegiatan sehari-hari yang menggunakan air, baik untuk keperluan rumahtangga maupun kegiatan ekonomi.
- Perkiraan banyak air yang digunakan untuk setiap kegiatan.
- Sumber air yang digunakan (sumur, PDAM, atau sumber lain).
Hasil wawancara dicatat dalam tabel berikut.
Nama : _____________________
Kegiatan ekonomi dalam keluarga:
Kegiatan yang Menggunakan Air | Perkiraan Banyak Air yang Digunakan (dalam liter) | Sumber Air |
---|---|---|
Pertanian | 4.000 | Sungai |
Peternakan | 1.000 | Sumur |
Perikanan | 5.0000 | Sungai |
Perkebunan | 2.500 | Sumgai |
Industri | 3.000 | PDAM |
Dari data yang didapat, siswa menganalisis data tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
- Kegiatan apa saja yang membutuhkan banyak air? Perikanan
- Mengapa kegiatan itu memerlukan banyak air? Air merupakan tempat hidup ikan, tanpa air ikan tidak bisa hidup.
- Apa fungsi air dalam kegiatan itu? Air berfungsi sebagai tempat hidup ikan.
- Apa fungsi dari kegiatan itu? Dengan kegiatan perikanan maka kebutuhan gizi terutama protein akan dapat terpenuhi.
Mempertanyakan dan Menganalisis
Dari tabel hasil wawancara, siswa mengidentifikasi kegiatan yang terbanyak menggunakan air. Siswa dapat menuliskan dalam tabel berikut atau menyajikannya dalam bentuk diagram.
No. | Kegiatan yang Membutuhkan Air | Banyaknya Air (l) |
---|---|---|
1. | Pertanian | 4.000 |
2. | Peternakan | 1.000 |
3. | Perikanan | 5.0000 |
4. | Perkebunan | 2.500 |
5 | Industri | 3.000 |
Dari analisis kegiatan ini, siswa memperoleh gagasan tentang apa yang perlu dikaji lebih jauh. Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswa menindaklanjuti dengan mengumpulkan informasi yang relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan hal tersebut dengan berbagai macam cara, antara lain.
1. Membaca buku-buku referensi dari perpustakaan.
2. Berdiskusi.
3. Bertanya kepada guru.