Jumat, 17 April 2020

RPP Teks Cerita Fantasi Siklus 2 Lengkap KD 3.4 dan 4.4

Gadis Rantau
Berikut ini adalah RPP alias Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 hasil Bimtek Pelaksanaan K13 di Kabupaten Jember. Adapun RPP ini merupakan LK penyusunan RPP yang dilakukan oleh peserta Bimtek yang dipandu langsung Instruktur. 

Selanjutnya, RPP ini sudah mengalami perbaikan karena menjadi bahan dan disusun ulang dalam pelaksaan In Service pelaksanaan Kuikulum 2013 sebagai tindak lanjut Bimtek K13 Bahasa Indonesia yang sebelumnya dilaksanakan di SMPN 3 Bangsalsari, kemudian In Service dilaksanakan di kluster SMPN 2 Wuluhan. RPP ini juga digunakan sebagai RPP dalam On Service yang dilaksanakan di SMP Plus Raudlatut Tholabah, Jenggawah.

Berikut ini RPP Teks Cerita Fantasi yang lengkap:


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan     :  SMP Ma’arif 08 Ampel
Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         :  VII/I
Materi Pokok              :  Teks Fantasi
                            Alokasi waktu             :  6 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar.
3.4.1Merinci struktur cerita fantasi
3.4.2Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita fantasi(orientasi, komplikasi, resolusi).
3.4.3Menelaah  hasil melengkapi cerita fantasi dari segi struktur cerita fantasi.
3.4.4 Memperbaiki cerita fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahantanda baca.
3.4.5Mengomentari cerita fantasi dari segi struktur dan bahasanya.

2
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam
bentuk cerita imajinasi secara lisan
dan tulis dengan memperhatikan
struktur, penggunaan bahasa, atau
aspek lisan.
4.4.1Merencanakan  pengembangan  cerita fantasi
4.4.2Menulis cerita fantasi dengan memperhatikan  pilihan kata, kelengkapanstruktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

C.Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca teks cerita fantasi peserta didik mampu merinci struktur teks fantasi dengan tepat .
2.       Setelah bertanya jawab  peserta didik mampu menyimpulkan karakteristik bagian –bagian pada struktur cerita fantasi (orientasi, komplikasi dan resolusi ) dengan benar.
3.      Setelah berdiskusi dengan teman peserta didik menelaah hasil melengkapi cerita fantasi dari segi struktur cerita fantasi dengan tepat.
4.      Setelah menelaah  cerita fantasi  peserta didik mampu  memperbaiki cerita fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahan tanda baca dengan teliti.
5.      Setelah mengamati hasil diskusi kelompok  lain  peserta didik  mampu  mengomentari  cerita fantasi dari  segi  struktur  dan  bahasanya dengan tepat.
6.      Setelah mengomentari teks cerita fantasi peserta didik mampu  merencanakan  pengembangan  cerita fantasi dengan benar.
7.      Setelah  mengembangkan  teks cerita fantasi  peserta didik  mampu  menulis cerita fantasi dengan memperhatikan  pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.

D.Materi
1. Pengetahuan Faktual
     Lampiran Materi Berupa Contoh Teks Cerita Fantasi: Bisa dilihat di sini.
2. Pengetahuan Konseptual
Pengertian cerita fantasi adalah Cerita fantasi adalah cerita fiksi bergenre fantasi (dunia imajinatif yang diciptakan penulis). Pada cerita fantasi hal yang tidak mungkin dijadikan biasa. Tokoh dan latar diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau modifikasi dunia nyata. Tema fantasi adalah majic, supernatural atau futuristik.

Unsur-unsur / bagian-bagian cerita fantasi, antara lain:
a. orientasi meliputi pengenalan tokoh, latar, watak tokoh dan konflik
b. komplikasi meliputi hubungan sebab akibat sehingga muncul masalah hingga masalah itu memuncak
c. resolusi meliputi penyelesaian masalah dari konflik yang terjadi
3. Pengetahuan Prosedural
Langkah-langkah  menulis teks fantasi
1.    Membaca teks fantasi
2.    Menentukan Tokoh, Latar Tempat, Waktu, Alur,
3.    Menentukan bagian teks, meliputi: orientasi, komplikasi dan resolusi
4.    Merangkai cerita fantasi dengan memerhatikan kaidah pengunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

4.Pengetahuan Metakoginitif
1.      Menelaah struktur dan kebahasaan cerita fantasi

E. Metode Pembelajaran
Kontekstual (Inquiri) Konstruktivisme
Komunitas Learning
F. Media Pembelajaran
Teks Fantasi
G. Sumber Belajar
Harsiati ,Titik, dkk.2016. Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2016. Jakarta  :Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .
Harsiati ,Titik, dkk.2016. Buku Guru Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2016 .Jakarta :Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .
H. Langkah –Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
Pertemuan 1
Pendahuluan
1.    Guru menyampaikan salam dan mengajak Peserta Didik untuk berdoa.
2.    Guru mepresensi Peserta Didik
3.    Guru bertanya kesiapan Peserta Didik
4.    Guru memberi motivasi pada Peserta Didik
5.    Guru bertanya jawab mengenai teks fantasi
6.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
7.    Guru Menyampaikan langkah–langkah kegiatan belajar
8.    Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 Peserta Didik


20 menit
Inti
1.   Peserta Didik mengamati  teks cerita yang berjudul “Belajar dengan Gajah Mada” yang disajikan oleh guru. (Teliti)
2.   Peserta Didik mengajukan pertanyaan dengan menyebutkan ciri-ciri pembangun yang ada pada teks cerita fantasi. (Percaya Diri)
3.   Peserta Didik dalam kelompok mencari  referensi untuk menjawab pertanyaan. (Kreatif)
4.   Peserta Didik mendiskusikan hasil temuan. (Kerja sama)
5.   Peserta Didik menyusun struktur teks yang dibaca dalam bahasa yang baik dan benar. (Cermat)
6.   Peserta Didik mengkomunikasikan hasil diskusinya. (Percaya Diri)
90 menit

Penutup
1.   Guru dan Peserta Didik bersama-sama menyimpulkan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.   Guru mengaitkan materi yan telah dipelajari dengan kehidupan sehari-hari
3.   Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
4.   Salam dan doa penutup.
                10 menit
             Pertemuan II
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
2.      Guru melakukan komunikasi  tentang kehadiran Peserta Didik.
3.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
4.      Guru mengajak Peserta Didik mengingat kembali pelajaran tentang materi sebelumnya
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.      Guru meminta untuk berkumpul dengan kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya .





1). Mengamati
Peserta Didik membaca Teks cerita fantasi  yang diberikanolehguru. (Teliti)
2)Menanya
Peserta Didik mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang kurang dipahami dari teks cerita fantasi yang telah dibaca .  (Santun)
3)mengumpulkan data (mencoba)
Peserta Didik mencatat hal-hal yang belum dipahami dalam teks cerita fantasi. (Cermat)
4)Menalar (menganalisis data )
Peserta Didik menceritakan kembali cerita fantasi yang telah dibaca dalam bentuk tulisan  dengan bahasa sendiri. (Kreatif)
5) Mengkomunikasikan
Peserta Didik menceritakan kembali  teks cerita fantasi yang sudah dibaca dengan bahasa sendiri secara lisan di depan kelas. (Percya Diri)

Penutup
  1. Guru dan Peserta Didik bersama-sama menyimpulkan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
  2. Guru mengaitkan materi yan telah dipelajari dengan kehidupan sehari-hari.
  3. Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
  4. Salam dan doa penutup .


I.            Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.      Teknik Penilaian Sikap Spiritual/Sosial

a.       Teknik penilaian : observasi
b.      Bentuk instrumen : lembar observasi
c.       Kisi –kisi :


§  Sosial


Nama sekolah :
Kelas/semester : VII/1

No
Waktu
Nama Peserta Didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd.
Tindak Lanjut
1.       
31 Mei 2017
Imron M.
Terlambat
Kedisiplinan

Diberi pembinaan agar lebih disiplin








§  Pedoman Penilaian Pengetahuan

Nama sekolah :
Kelas/semester : VII/1
Tahun pelajaran :  

NO
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik penilaian
1
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar.
Teks Cerita Fantasi
3.4.1Merinci struktur cerita fantasi
3.4.4 Memperbaiki cerita fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahantanda baca.


Tes Tulis


§  Penilaian Keterampilan

Nama sekolah :
Kelas/semester : VII/1
Tahun pelajaran :  

NO
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik penilaian
2
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam
bentuk cerita imajinasi secara lisan
dan tulis dengan memperhatikan
struktur, penggunaan bahasa, atau
aspek lisan.
.
Teks Cerita Fantasi
4.4.2Menulis cerita fantasi dengan memperhatikan  pilihan kata, kelengkapanstruktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

Tes lisan

2.      Instrumen Penilaian
a.       Tes tulis
1.      Sebutkan ciri atau karakteristik ,bagian struktur cerita fantasi !
Kunci Jawaban :
Orientasi, komplikasi, dan resolusi
2.      Tentukan penggunaan bahasa yang ada dalam teks cerita fantasi !
Kunci Jawaban
1)      Penggunaan kata ganti dan nama orang sebagai sudut pandang penceritaan (aku, mereka,  dan dia )
2)      penggunaan kata yang mencerap panca indra untuk diskripsi latar (tempat,waktu dan suasana)

-          Rublik Penilaian
Soal nomor 1
No
Deskripsi
Nilai
1
Peserta Didik dapat menyebutkan 3 bagian teks cerita fantasi
3
2
Peserta Didik dapat menyebutkan 2 bagian teks cerita fantasi
2
3
Peserta Didik dapat menyebutkan 1 bagian teks cerita fantasi
1
4
Peserta Didik tidak mampu menyebutkan bagian teks cerita fantasi
0


            Soal nomor 2
No
Deskripsi
Nilai
1
Peserta Didik dapat menentukan kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan lengkap
3
2
Peserta Didik dapat menyebutkan kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan kurang lengkap
2
3
Peserta Didik dapat menyebutkan kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan tidak lengkap
1
4
Peserta Didik tidak dapat menyebutkan kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan lengkap
0

Soal nomor 3 keterampilan
No
Deskripsi
Nilai
2
Peserta Didik dapat menentukan kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan lengkap
3

Peserta Didik dapat menyebutkan kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan kurang lengkap
2

Peserta Didik dapat menyebutkan kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan tidak lengkap
1

Peserta Didik tidak dapat menyebutkan kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan lengkap
0

Materi Pengayaan dan Remidial
1.      Pengayaan : Menyunting cerita dari segi bahasa
2.      Remidial : begian-bagian teks fantasi dan menuliskan kembali cerita fantasi

                                                                                   Jember, ..............................
       Mengetahui,
       Kepala Sekolah                                                 Guru Mata Pelajaran






       Drs. Burhanuddin                                             Sri Endang Wahyuni, S.Pd


Demikian Contoh RPP Teks Cerita Fantasi Lengkap untuk siklus 2, semoga bermanfaat dan memberikan gambaran dalam menyusun RPP Teks Cerita Fantasi di Sekolah.